Urusan Komputer Jinjing, Apple Jagonya

Urusan Komputer Jinjing, Apple Jagonya
JAKARTA--Kini, teknologi komputer telah bergeser menuju komputer tablet. Diluar dari kenyataan itu, komputer jinjing masih menjadi primadona.

Pertanyaannya, produsen mana yang menguasai pasar komputer jinjing di tahun 2011? Bagi anda yang paham betul soal komputer jinjing tentu sudah bisa menebak, Apple, Sony, Acer atau Asus adalah nama unggulan dan produk moncer.

Benar saja, berdasarkan survei yang dilakukan secara online oleh Amplicate, lembaga survei berbasis online di Inggris, seperti dilansir Telegraph, Jumat (18/3), Apple (25 juta suara) menduduki peringkat pertama dari 10 besar produsen komputer jinjing dunia. Disusul di posisi berikut, LG , Sony, Panasonic dan Asus.

Yang mengejutkan, pendatang baru Samsung dan pemain lama model Acer tidak masuk sepuluh besar survei tersebut.

Berbicara tentang Apple, tampil desain berikut teknologi yang disematkan membuat produk perusahaan yang dikomandoi Steve Jobs begitu dipuja ketimbang produsen lain di dunia maya.

Sementara pendukung Microsoft seperti Sony dan LG tidak bisa berbuat banyak. Alasan menurut survey, Apple memiliki kekuatan 'tak terlihat' yang sulit untuk diketahui.

Sedangkan Sony, produsen komputer jinjing asal Jepang ini juga gagal menggeser Apple meski memperkenalkan jajaran Sony Vaio yang banyak dijuluki Mac versi Windows. Apalagi Sony juga dinilai terlambat berinovasi untuk mengembangkan komputer tablet.

Sony disalip Samsung dan produsen lain yang sudah lebih dulu memperkenalkan inovasi mereka pada komputer tablet.

Untuk kelas menengah seperti Hewlett Packard dan Asus sudah tidak lagi bersinggungan dengan Apple dan Sony. Keduanya memang tidak bermain dalam pasar komputer jinjing kelas premium.

Mereka lebih fokus mengembangkan produk kelas menengah tanpa menghilangkan cita rasa premium disetiap produknya. Keduanya juga begitu aktif membuat produk terjangkau meski langkah tersebut harus mendapat hadangan dari produsen asal Cina.

Berbicara tentang masa depan komputer jinjing, tentu berkaitan erat dengan pengembangan komputer tablet. Pasalnya, komunikasi melalui jejaring sosial kurang praktis bila menggunakan komputer jinjing.

Bisa jadi, melalui kebutuhan komunikasi jejaring sosial inilah, pasar komputer jinjing siap angkat kaki digantikan komputer tablet. Apalagi pasar komputer tablet terus bergairah. Cina sebagai pusat produk berkelas bandit, sudah mengekspor puluhan juta produk replika komputer tablet meski secara kualitas begitu timpang.

Berikut 10 besar produsen komputer jinjing versi Amplicate
1 Apple
2 LG
3 Sony
4 Panasonic
5 Asus
6 HCL
7 Hewlett Packard
8 Packard Bell
9 Medion
10 Fujitsu

(Survei yang dilakukan bersumber dari 73 juta opini yang berasal dari jejaring sosial Twitter, Facebook dan Amplicate)

No comments: