Pantai dengan warna pasir beraneka warna


 Di Dunia terdapat pantai dengan warna pasir yang berbeda - beda seperti berikut :

1. Pantai Pink, Flores
Pulau Komodo di Flores, NTT tidak hanya terkenal karena penghuninya yaitu komodo tapi juga pantainya yang berpasir unik. Pink Beach atau Pantai Pink merupakan pantai cantik dengan pasir berwarna merah muda. Mungkin dari kejauhan tidak terlihat, tapi saat ombak menjilat pasir, warna pink pun terlihat jelas.

Pantai serupa juga bisa ditemui di Pantai Tangsi, Jerowaru, Lombok Timur, NTB. Pantai Tangsi kini mulai dikenal oleh para wisatawan yang melancong ke Lombok. Pasirnya yang tidak kalah pink dari Pink Beach Flores menjadi daya tarik tersendiri. Pantai ini bisa dicapai dengan menempuh sekitar 10 km dari pusat Desa Pemokong.

2. Pantai Papakolea, Hawaii
Inilah pantai yang dikenal dengan nama Green Sand Beach atau Pantai Pasir Hijau karena warna pasirnya yang benar-benar hijau. Siapa sangka ada warna pasir sebegini cantiknya. Pantai ini ada di South Point, Distrik Kau, Hawaii, AS.

49.000 Tahun lalu, sebuah gunung berapi meledak dan memuntahkan abu pasir unik yang berwarna hijau. Pasir hijau tersebut merupakan hasil campuran dari abu, lahar dan serpihan kristal Olivine. Di kalangan penduduk asli, Olivine terkenal sebagai 'berlian Hawaii'.

3. Pantai Kaihalulu, Hawaii
Masih di Hawaii, ada lagi pantai dengan pasir berwarna tidak biasanya. Kali ini berwarna merah. Pantai yang bernama Kaihalulu ini punya nama lain yaitu RedSand Beach (Pantai Pasir Merah). Pantai yang berada di Maui ini cukup terisolasi dari laut lepas karena keberadaan karang yang mencuat ke permukaan di sekitarnya.

Sedangkan warna merah ini berasal dari kandungan zat besi yang cukup tinggi di sana. Sehingga pasirnya berwarna merah pekat seperti tanah.

4. Pantai Punalu'u, Hawaii
Selain warna hijau dan merah, Hawaii yang kaya akan gunung vulkanik ini juga punya pantai pasir hitam pekat yang benama Pantai Punalu'u. Terletak di antara Pahala dan Na'alehu, Hawaii, pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Seperti bisa diprediksi, warna pasirnya yang hitam ini berasal dari muntahan gunung berapi yang ada di sekitarnya. Pantai yang sering didatangi penyu hijau ini juga merupakan tempat yang paling pas untuk menyepi karena memiliki suasana yang tenang.

5. Pantai Pasir Putih, Australia
Di New South Wales, Australia, ada beberapa pantai yang pasirnya seputih kapas. Bahkan, Guiness Book of Records pun telah menetapkan pasir di sini adalah yang terputih di dunia.

Bertolak saja ke Hyams Beach, desa di New South Wales yang dikelilingi 3 pantai berpasir super putih. Bermain saja seharian di sana dan puaskan mata untuk menikmati pasir paling putih di dunia.

6. Ramla Bay, Malta
Bagi Anda yang senang warna oranye, maka Ramla Bay di Desa Xaghra,Gozo, Malta adalah destinasi yang tepat. Karena di sini ada pantai dengan warna oranye. Pantai ini bisa dicapai dengan 40 menit berjalan kaki dari bukit di Desa Xaghra ke lembah yang berujung pantai.

Selain dari Xaghra, pantai pasir oranye ini juga bisa dicapai dari Desa Nadur. Pasirnya yang berwarna oranye dan perairannya yang jernih membuat para pelancong betah berlama-lama bermain di sana.

7. Pantai Pfeiffer, California
Pantai Pfeiffer di Big Sur, California, AS, terkenal di mata wisatawan karena julukannya yaitu Pantai Pasir Ungu. Pasir pantainya memang berwarna keunguan. Aneh, tapi hal ini membuat cantik Pantai Pfeiffer.

Warna ungu di pantai ini berasal dari kandungan mineral berupa Mangan yang tercampur baur dengan pasir pantai. Mangan ini berwarna ungu dan membuat pantai ini berwarna sedemikian cantik.

Sumber : detik.com

No comments: